RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN Cibeunying I
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : 1 ( satu ) / I (Satu )
Pertemuan ke : I ( Satu )
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi:
- Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar:
- Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
I. Tujuan Pembelajaran**:
- Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor
Karakter
siswa yang diharapkan :
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
- Ketelitian ( carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
- Gerak dasar lokomotor
III. Metode
Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
- Siswa dibariskan menjadi empat barisan
- Mengecek kehadiran siswa
- Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
- Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
- Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
- Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
- Berjalan ke depan, belakang, samping langkah panjang dan langkah pendek
- Berjalan dengan ujung kaki dan tumit
- Berlari ke depan, ke belakang, dan ke samping
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
- Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
- Melakukan gerakan berlari dengan langkah panjang dan pendek dengan Keberanian ( Bravery )
- Melakukan gerakan melompat ke depan, ke belakang dan ke samping
- Melakukan gerakan melompat dengan satu kaki atau dua kaki
- Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
- Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
- Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan
V. Alat dan Sumber Belajar:
- Buku Penjaskes kls. 1
- Diktat permainan bola kecil
- Pluit
VI. Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA GERAKAN DASAR JALAN, LARI DAN LOMPAT
Aspek Yang
Dinilai
|
Kualitas
Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Gerakan saat jalan, lari dan lompat
2. Posisi
badan saat jalan, lari dan lompat
3. Bentuk
gerakan pada saat
jalan, lari dan lompat
4.
Posisi badan
yang benar dari sikap awal sampai akhir ketika melakukan jalan, lari dan
lompat ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 16
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM JALAN,
LARI DAN LOMPAT
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1.
Percaya diri
|
|
2.
Kejujuran (tidak bermain curang)
|
|
3.
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam lomba
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 3
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP JALAN,
LARI DAN LOMPAT
Pertanyaan
yang diajukan
|
Kualitas
Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana posisi awal saat akan
jalan, lari dan lompat ?
2. Bagaimana gerakan badan yang benar pada saat melakukan jalan, lari dan lompat ?
3. Bagaimana posisi tubuh saat jalan, lari dan lompat ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 12
|
|
Bandung, 25 November 2012
Mengetahui,
Kepala SDN Cibeunying I
Guru Mata Pelajaran
Hilman Nurmansyah, M.Pd Totoh
Saepurrohim, S.Pd
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar